1403E152 Simulasi Bisnis Digital
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah praktik yang mensimulasikan pendirian dan pengoperasian sebuah entitas bisnis yang bergerak di bidang perdagangan (jual beli barang). Mahasiswa akan berperan aktif dalam menjalankan seluruh siklus operasional bisnis, mulai dari persiapan administrasi dan keuangan, pembelian, penjualan, pengelolaan persediaan, hingga penyusunan laporan keuangan. Pembelajaran menggunakan pendekatan case-based learning dan collaborative learning untuk membangun pengalaman nyata dalam mengelola sebuah bisnis. Mahasiswa dibagi menjadi 6 kelompok sesuai jumlah perusahaan, yaitu 3 perusahaan agen dan 3 perusahaan pengecer barang kebutuhan pokok. Operasional perusahaan akan dilakukan dalam masa 3 bulan transaksi dan ditutup dengan laporan bisnis dari setiap perusahaan atau kelompok kerja.
Capaian Pembelajaran
Pada akhir semester, mahasiswa mampu menghasilkan laporan kerja hasil analisis, perencanaan, dan pengoperasian sebuah entitas bisnis jual beli barang kebutuhan pokok secara komprehensif dan bertanggung jawab, dengan menerapkan prinsip-prinsip administrasi, keuangan, dan manajemen operasional yang efektif.
Pengetahuan Awal
Referensi Umum
Referensi Buku Pustaka
- BAKOWATUN, Wilhelmus W., et al..(1987).Dasar-Dasar Pemasaran.Intermedia.ISBN .
- ASTUTI, Dewi, et al..(2004).Manajemen Keuangan Perusahaan.Ghalia Indonesia.ISBN 9794504416.
- SOLIHIN, Ismail, et al..(2014).Pengantar Bisnis.Erlangga.ISBN 9786022982852.
- Krajewski, Lee J., et al..(2013).Operations Management: Processes and Supply Chains with MyOMLab..ISBN 9780273766940.