1403D252 Bisnis Lintas Budaya
Intergrasi Ekonomi sebagai sebuah kesepakan bersama di ASEAN membawa Indonesia ke tahap baru yaitu era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Selain kemampuan berbahasa asing, perlu sekali mahasiswa Sekretari dibekali kemampuan untuk berbisnis lintas budaya baik dengan negara asia tenggara maupun negara rekan bisnis Indonesia yang utama. MK Bisnis Lintas budaya ini akan membekali mahasiswa dengan pemahaman budaya terkait kegiatan bisnis. Mata Kuliah ini essensial karena kita tidak lagi bisa menghindari Globalisasi, dengan otomatis Mahasiswa Sekretari menjadi Global Citezen, memahami budaya negara lain, sangat bermanfaat bagi keberlangsung sebuah tim terutama ketika bekerja di sebuah perusahaan Internasional nantinya. Lulusan Prodi Sekretari diharapkan mampu berkolaborasi dengan baik dan benar. Beberapa topik yang akan dipelajari diantaranya adalah Globalisasi dan Perkembangan Internasional, Peranan Budaya (Arti dan Dimensi Budaya), Konsep Dasar Budaya (Maskulin & Feminin), Stereotypes, Culture Shock & Reversal Culture Shock, Berbisnis di beberapa negara
Capaian Pembelajaran
Capaian pembelajaran dari Mata Kuliah ini adalah mahasiswa mampu memahami peran dan konsep budaya serta pengaruhnya dalam kegiatan bisnis lintas negara
Pengetahuan Awal
Untuk menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan memiliki dasar pengetahuan tentang perusahaan multinasional, pengantar manajemen bisnis, manajemen pemasaran dan bahasa Asing dasar. Sehingga pemahamannya akan lebih komprehensif dan lebih mudah dalam melakukan tugas praktik maupun analisa kepustakaan
Referensi Umum
Referensi Buku Pustaka
- MITCHELL, Charles, et al..(2008).A Short Course in International Business Culture : Building International Busines Through Cultural Awareness.World Trade Press..ISBN 1885073542.
- MORRISON, Terri, et al..(2006).Kiss, Bow, or Shake Hands.Adam Media.ISBN 9781593373689.
- MULYANA, Deddy, et al..(2004).Komunikasi Bisnis Lintas Budaya.Remaja Rosdakarya.ISBN 9795146750.
- CURRY, Jeffrey Edmund, et al..(2002).Memenangkan Negosiasi Bisnis Internasional.Penerbit PPM.ISBN 9794421286.
- BALL, Donald A., et al..(2005).INTERNATIONAL Business = Bisnis Internasional : Tantangan Persaingan Global.Salemba Empat.ISBN 9796912171.
- WILD, John J., et al..(2013).International Business : The Challenges of Globalization.Pearson Education.ISBN 9780273779759.
- Hodgetts, Richard M., et al..(2006).International Management..ISBN 0072961082.