1400A712 PENDIDIKAN AGAMA BUDHA
Mata Kuliah Agama Buddha bersifat wajib. Mata kuliah ini diarahkan untuk membangun pribadi yang utuh dan tangguh dengan berlandaskan pada penghayatan semangat spiritualitas dan religiusitas dalam hidup bersama. Penyajian pokok bahasan tidak hanya secara teoritik, tetapi juga dikaitkan dengan kasus-kasus secara empirik yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat. Melalui Pemahaman Materi Saddha ( Keyakinan ) dalam agama Buddha, KeTuhanan dalam Agama Buddha, Berharganya Kehidupan Sebagai Manusia, Hakekat Hukum Kebenaran, Sila ( Moralitas ) dalam Agama Buddha, Ilmu Pengetahuan & Seni dalam perspektif buddhis, Masyarakat Buddha.
Capaian Pembelajaran
Secara Umum : Melalui Mata Kuliah ini, diharapkan dapat membentuk Manusia yang memiliki karakter positif ,untuk membangun bangsa dan Negara. Secara Khusus : Secara khusus, mata Kuliah Pendidikan Agama Buddha dirancang untuk membentuk Mahasiswa Buddhis yang memiliki pemahaman dhamma(kebenaran) yang benar dan dapat Mempraktekkannya dalam kehidupan sehari hari, sehingga menjadi manusia yang memiliki saddha (keyakinan) , Sila (moralitas) yang kuat, karuna (welasasih) yang tinggi, dan Panna (kebijaksanaan)
Pengetahuan Awal
Referensi Umum
Referensi Buku Pustaka
- Rinpoche, Phabongkha, et al..(2016).Pembebasan di Tangan Kita 2..ISBN 9791900329.
- Hanh, Thich Nhat, et al..(2011).Going Home..ISBN 9781846043147.
1400A612 PENDIDIKAN AGAMA HINDU
Mata kuliah Pendidikan Agama Hindu (1400A612) ini, dengan bobot 3 SKS, memberikan pengantar komprehensif mengenai agama Hindu yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman mendasar tentang sejarah, kitab suci Weda, teologi (Brahma Widya), pandangan tentang manusia, dan etika Hindu. Selain itu, mata kuliah ini mendorong dialog lintas agama dan diakhiri dengan proyek kolaboratif berupa festival film bertema keberagaman dan toleransi beragama, yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh secara kreatif dan konstruktif.
Capaian Pembelajaran
Mampu menyampaikan argumen akademik/profesional tujuan dan fungsi pendidikan agama Hindu sebagai komponen mata kuliah wajib umum, Mampu menalar dan mengimplentasikan nilai-nilai spiritual Hindu dalam membangun sraddha danbhakti (iman dan Taqwa) kepada Tuhan Yang Maha Esa, dalam membentuk kepribadian yang humanis, Mampu bersikap jujur, taat hukum , kreatif, sehat dan adatif berdasarkan niali-nilai agama Hindu, Terampil menyajikan hasil kajian individual maupun kelompok mengenai suatu kasus (studi kasus) terkait kontribusi Hindu dalam perkembangan peradaban dunia, Mampu menyajikan model masyarakat yang mampu membangun peradaban humanis, estetis dan bersaing secara global, Memahami tujuan dan fungsi pendidikan agama Hindu sebagai komponen mata kuliah wajib umum, Menguasai nilai-nilai spiritual Hindu dalam membangun sraddha dan bhakti kepada Tuhan Yang Maha Esa, Memahami konsep manusia Hindu dalam membentuk kepribadian yang jujur,taat hukum, kreatif, sehat dan adatif, Memahami kontribusi Hindu dalam perkembangan peradaban dunia, Memahami konsep masyarakat yang berlandaskan ajaran Tri Hita Karana
Pengetahuan Awal
Referensi Umum
Referensi Buku Pustaka
1400A512 PENDIDIKAN AGAMA KATHOLIK
Mata kuliah ini membahas sejarah gereja, konsep dasar Iman Katolik, dan konsep Gereja Katolik yang akan diterapkan dalam bentuk partisipasi aktif dalam kegiatan keagamaan maupun masyarakat multikulture serta refleksikan kehidupan sehari-hari.
Capaian Pembelajaran
Setelah menyelesaikan matakuliah ini, (1) mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan untuk menempatkan diri secara positif dalam kultur yang beragam dan dinamis, dalam kondisi ekonomi yang kompetitif, dalam kerja tim, dan isu-isu etika dan moral yang kompleks, (2). Mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan untuk berperilaku secara efektif, matang, independen, serta mampu menyampaikan pemikiran dalam komunikasi secara oral dan tertulis (3). Mahasiswa diharapkan memiliki wawasan kebangsaan, baik sebagai warga umat Katholik maupun sebagai warga negara Republik Indonesia.
Pengetahuan Awal
Referensi Umum
Referensi Buku Pustaka
- Magnis-Suseno, Franz, et al..(2017).Katolik itu apa?..ISBN 9789792151657.
1400A412 PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN PROTESTAN
Mata Kuliah Agama Kristen Protestan diarahkan untuk membangun pribadi yang utuh dan tangguh dengan berdasarkan pada penghayatan semangat spiritualitas dan religiusitas dalam hidup bersama di tengah masyarakat multikultur, penyajian pokok bahasan tidak hanya secara teoritik, tetapi juga dikaitkan dengan kasus-kasus secara empirik yang terjadi dalam kehidupan masyarakat yang beragam. Secara umum pendekatan yang digunakan adalah pendekatan intereligius, yang berfokus pada kerukunan antar umat beragama. Pokok bahasan yang disajikan mengacu pada buku panduan DIKTI 2016, yang meliputi: Agama dan fungsinya dalam kehidupan manusia, Allah dan manusia dalam ajaran Kristen, Hubungan iman kristiani dengan IPTEK dan seni, Menciptakan Kerukunan antar umat beragama, Penjaga Ciptaan Allah: Iman Kristen dan Lingkungan Hidup. Metode pembelajaran selain dengan ceramah, Konsultasi, dan curah pendapat juga dilakukan diskusi, baik diskusi kelompok, diskusi kelas lintas agama, maupun penugasan projek lintas agama. Topik-topik diskusi dapat dikembangkan dari pokok-pokok bahasan yang telah disajikan; dimulai dari persiapan penyusunan draf bahan diskusi kelompok hingga pelaksanaan diskusi antar kelas. Sepanjang penyajian pokok-pokok bahasan dilakukan pemantauan untuk mengetahui seberapa dalam tingkat serapan dari materi yang telah disajikan.
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa mampu mendiskusikan definisi agama dan fungsinya dalam kehidupan manusia. Mahasiswa mampu menjelaskan doktrin tentang Allah dan manusia dalam ajaran Kristen. Mahasiswa mampu menjabarkan hubungan iman kristiani dengan IPTEK dan seni. Mahasiswa mampu menunjukkan sikap toleran pada agama-agama lain. Mahasiswa mampu menerapkan prinsip-prinsip iman Kristen dalam menjaga kelestarian lingkungan.
Pengetahuan Awal
Referensi Umum
Referensi Buku Pustaka
1400A112 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Matakuliah Pendidikan Agama Islam bersifat wajib lulus bagi setiap mahasiswa yang beragama Islam di semua program studi, berbobot 3 SKS. Matakuliah ini dirancang dengan maksud untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT, serta memperluas wawasan hidup beragama, sehingga terbentuk mahasiswa yang berbudi pekerti luhur, berpikir filosofis, bersikap rasional dan dinamis dan berpandangan luas, dengan memperhatikan tuntutan untuk menghormati intra dalam satu umat, dan dalam hubungan kerukunan antarumat beragama. Matakuliah ini mencakup pembahasan: hakekat manusia dan agama, Islam sebagai agama rahmat, prinsip akidah Islam, prinsip ibadah, pola akhlak Islam, prinsip membangun masyarakat madani, pendidikan dan pengetahuan Islam, serta toleransi inter dan antar-umat
Capaian Pembelajaran
Dalam mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis peran agama, khususnya Islam, dalam konteks sosial dan individu. Kemampuan ini mencakup pemahaman mendalam mengenai ajaran tauhid, konsep penciptaan manusia, serta integrasi iman Islam dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Lebih lanjut, mahasiswa diharapkan dapat menginternalisasi nilai-nilai toleransi antar umat beragama dan mengaplikasikan prinsip-prinsip keimanan dalam upaya pelestarian lingkungan alam.
Pengetahuan Awal
Referensi Umum
Referensi Buku Pustaka
- ALI, Mohammad Daud, et al..(1998).Pendidikan Agama Islam.RajaGrafindo Persada.ISBN 9794216844.
- Hidayat, Arif, et al..(2018).Tafsir Ibnu Katsir..ISBN 978-979-1296-89-8.
1400B112 BAHASA INGGRIS
Mata kuliah ini dirancang untuk melatih mahasiswa menganalisis teks ekonomi dengan memahami pola kalimat dan kosa kata yang ada dalam teks tersebut. Latihan difokuskan pada identifikasi pola kalimat, bentuk kata, dan isi teks yakni main ideas dan supporting details. Mahasiswa juga dilatih untuk meringkas teks dalam bahasa Indonesia untuk mengukur pemahamannya.
Capaian Pembelajaran
Mata kuliah ini dirancang untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam memahami teks berbahasa Inggris yang relevan dengan konteks bisnis dan kehidupan sehari-hari. Mahasiswa akan menguasai pemahaman bacaan terkait topik-topik seperti struktur perusahaan, kewirausahaan, perdagangan internasional, serta berbagai aspek kehidupan sosial budaya. Selain itu, mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan kemampuan menggunakan tata bahasa Inggris dasar, termasuk *simple present tense*, *adverbs of frequency*, *auxiliary verbs*, serta *simple past/future tense*, dan perbedaan *present perfect* dan *simple past tense*, sehingga mereka dapat mengaplikasikannya secara akurat dalam membaca maupun menulis.
Pengetahuan Awal
Referensi Umum
Referensi Buku Pustaka
Update: 2025-12-22 00:45:02 sesuai RPS Online1400C112 KOMUNIKASI DAN PENGEMBANGAN DIRI
Mata kuliah Komunikasi dan Pengembangan Diri dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman konseptual dan keterampilan praktis dalam berkomunikasi yang efektif, baik secara interpersonal maupun profesional. Melalui pendekatan Project Based Learning (PBL), mahasiswa tidak hanya mempelajari teori komunikasi, tetapi juga mengaplikasikannya dalam berbagai situasi nyata seperti presentasi bisnis, negosiasi, wawancara kerja, forum komunikasi, serta pengembangan diri.
Capaian Pembelajaran
Matakuliah ini membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam mengenai fondasi komunikasi, mulai dari konsep dasar hingga aplikasinya dalam pengembangan diri. Mahasiswa akan terlatih dalam keterampilan komunikasi interpersonal, presentasi bisnis yang efektif, serta negosiasi strategis. Selain itu, mahasiswa akan mampu mengaplikasikan kemampuan berkomunikasi dalam konteks profesional, seperti wawancara kerja, forum akademik, serta kegiatan kolaboratif, yang diiringi dengan kesadaran akan potensi diri dan pengembangan profesionalisme yang berkelanjutan.
Pengetahuan Awal
Referensi Umum
Referensi Buku Pustaka
- Carnegie, Dale, et al..(1977).The Quick and Easy Way to Effective Speaking..ISBN 9780671724009.
- McCornack, Steven, et al..(2021).Reflect & Relate..ISBN 9781319395827.
